MASJID BAITUL IHSAN – BANK INDONESIA Komp. Bank Indonesia, Jalan Budi Kemuliaan No. 23, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia
Posted on January 23, 2016 / 376
MASJID BAITUL IHSAN – BANK INDONESIA
Listing Type : Masjid
Location : Jakarta Pusat
Coordinates : -6.180373888117756,106.8192431328498
Opening Hours

Pekerjaan para bankir memang penuh risiko. Apalagi di tengah iklim krisis global yang merembet ke tanah air. Tapi di Baitul Ihsan, masjid yang terletak di pojok komplek Bank Indonesia itu, pekerjaan para bankir seperti dilekatkan dengan ritme regilius. Makna simbolik masjid sebagai oase spiritual bagi seorang Muslim menemukan bentuknya yang sempurna dalam paduan pekerjaan dan ibadah. Dan jeda spiritual ini bisa menjadikan pekerjaan para bankir itu lebih bersinar di mata pihak yang berkepentingan atas kesehatan perbankan.

Dengan patron artistik interior dan eksterior masjid yang banyak menyerap aksen Timur Tengah ini, siapa saja yang shalat di sana akan merasakan getaran spiritual yang menenangkan. Lebih dari itu, beragam kegiatan yang disuguhkan oleh Manajemen Masjid Baitul Ihsan sarat dengan kosakata peningkatan sumber daya insani.

Masjid ini terdiri dari tiga bagian. Basement seluas 1.080m2 mampu menampung 400 jamaah, karena ruang yang bisa digunakan shalat hanya berukuran 600m2. Di lantai ini, biasanya digunakan jamaah perempuan untuk menunaikan shalat dan pengajian khusus akhwat. Selebihnya digunakan untuk perkantoran, ruang kelas, dan toilet.

Lantai dasar masjid ini seluas 1087m2 yang bisa menampung 3.040 jamaah. Di lantai dasar ini, terdapat puluhan rak yang ditata rapi berisi Al-Qur’an yang siap digunakan jamaah. Terdapat juga karpet beberapa baris dekat mimbar masjid. Karpet ini terbilang empuk dan kebersihannya tetap terjaga.

Sementara mezzanine (lantai atas) berukuran 596m2 yang mampu menampung 545 jamaah. Jika shalat di sini, tatapan ke bawah akan dimanjakan dengan lantai dasar yang megah dengan lantai marmer dan tatapan ke atas akan terasa lindungan kubah masjid yang membulat. Di kubah tersebut terdapat ukiran yang sarat garis simetris.

Pintu masjid ini sengaja diletakkan di pinggir kiri, hingga memberikan kesan keterbukaan bagi siapa saja yang ingin beribadah. Ini sebagai manifestasi niat pembuatan masjid yang selesai tahun 2001 ini, untuk seluruh kaum Muslim di sekitar komplek perkantoran Bank Indonesia.

Admin JIC
Reviews
There are no review yet, why not be the first.
Leave a review
Criteria 1: Criteria 2: Criteria 3:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Listings